Dinamika Interaksi Dokter-Pasien Berdasarkan Kelas Sosial di Kalangan Mahasiswa: Pendekatan Interaksionisme Simbolik
DOI:
https://doi.org/10.64931/jks.v5i2.138Keywords:
Doctor, Interaction, Health, Patient, SymbolicAbstract
Interaksi antara dokter dan pasien tidak hanya dipengaruhi oleh aspek medis, tetapi juga oleh faktor sosial, terutama status ekonomi. Dalam pelayanan kesehatan, relasi ini mencerminkan adanya dinamika kekuasaan dan konstruksi sosial yang berpengaruh terhadap kualitas komunikasi serta pengambilan keputusan medis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dinamika interaksi dokter-pasien di kalangan mahasiswa UNNES dengan perbedaan latar belakang kelas sosial melalui pendekatan Interaksionisme Simbolik George Herbert Mead. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh, faktual, dan akurat. Wawancara dan studi literatur adalah metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan interaksi dokter-pasien berdasarkan kelas sosial yang berbeda, terutama dalam aspek komunikasi, sikap interpersonal, dan penyampaian informasi medis. Perbedaan mencerminkan identitas sosial pasien memengaruhi tindakan simbolik yang ditunjukkan oleh dokter dalam berinteraksi. Mahasiswa dari kelas sosial menengah atas cenderung mendapatkan pelayanan ramah oleh dokter, sedangkan mahasiswa dari kelas sosial bawah mendapatkan pengalaman yang kurang memuaskan
References
Afrizal. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajagrafindo Persada.
Citraningsih, D., & Noviandari, H. (2022). Interaksionisme Simbolik: Peran Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan. Social Science Studies, 2(1), 072-086.
Dian, W., Muhammad, A., & Sarpin. (2019). Interaksi Sosial Antara Dokter, Perawat Dan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Neo Societal, 4(1), 684–690.
Erwan, E., Fadila, F., Sitorus, K. T., Pratama, T., & Hsb, W. A. (2024). Interaksionisme Simbolik dan Prakmatis. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(3), 1088–1095. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i3.514
Febriantoro, J. (2020). Relasi, Interaksi dan Komunikasi Interpersonal Dokter-Pasien dalam Pelayanan Kesehatan. CoMPHI Journal: Community Medicine and Public Health of Indonesia Journal, 1(1), 8–14.
Gabriel, R. N., Kepel, B. J., Lumunon, T. H. W., Surya, W. S., & Waworuntu, M. Y. (2022). Pengaruh Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Antara Dokter-Pasien Berfokus Terhadap Kepuasan Pasien Anugerah Tomohon. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(3), 2038-2050 .
Geofani, R. F., Masrul, M., & Kasra, K. (2023). Analisis Penyebab Ketidakpuasan Pasien BPJS Poliklinik di Rumah Sakit Tk. III Dr. Reksodiwiryo Padang. JIK: Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(2), 326-334. https://doi.org/10.33757/jik.v7i2.874
Husain, B., Widiarto, D., Khumaidi, M. A., & Sidipratomo, P. (2024). Dilema dalam Pelayanan Pasien BPJS: Dokter Dual-Loyalty. Jurnal Etika Kedokteran Indonesia, 8(1), 11–15. https://doi.org/10.26880/jeki.v8i1.75
Julianda, Z., & Holiqurrahman, E. M. (2023). Supply Infrastructure Financing & Kualitas Mutu Layanan dalam Meningkatkan Kepuasan Peserta JKN. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 3(1), 143–155. https://doi.org/10.53756/jjkn.v3i1.146
Lampus, C. S. V., Umboh, A., & Manampiring, A. E. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Medical Scope Journal, 4(2), 150–160. https://doi.org/10.35790/msj.v4i2.44825
Liow, D., Himpong, M. & Waleleng, G. (2020). Peran Komunikasi Antara Dokter dan Pasien Dalam Pelayanan Medis di Klinik Reci Desa Sinisir Kecamatan Modoinding. Acta Diurna Komunikasi, 2(1), 1-14.
Miles, M., B, Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analisys, A Methods Sourcebook (Edition 3). Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI Press.
Pratama, M. A., & Arifin, S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS, Hubungan Komunikasi Dokter-Pasien, Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Yai Medika. EDUNOMIC: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 12(2), 159–168. https://doi.org/10.33603/ejpe.vI2i2.9511
Sulistiyo, Urip. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Jambi: Salim Media Indonesia.
Sulistiyo, U. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Salim Media Indonesia.
Suma, D., Maidin, M. R., & Halim, H. (2021). Pola Hubungan Sosial Pengguna Kartu BPJS Kesehatan. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(2), 419–427. https://doi.org/10.35965/eco.v21i2.1128
Tania, F. N., S, M. A. H., Syahrahmanda, D. D., & Manurung, A. S. (2024). Strategi Komunikasi Interpersonal dalam Membangun Hubungan Guru dengan Siswa. JICN: Jurnal Intelek dan Cendekiawan Nusantara, 1(6), 9845–9852.







